4 Perbedaan Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin

Apakah Perbedaan Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin? Ya, mungkin bagi Anda yang sedang memulai usaha ikan pastinya pernah berfikir seperti itu.

Namun dalam kenyataannya, ikan lele dan ikan patin tidak bisa dibudidayakan secara bersamaan dalam satu kolam.

Mengapa begitu? Kan kedua ikan ini sama sama memiliki kumis? Itu karena tekstur, vitamin dan kareakter ikan patin berbeda dengan ikan lele.

Lalu jenis pakannya pun berbeda. Karena ikan patin lebih besar ukurannya ketimbang ikan lele porsi makan pun berbeda jauh.

Bahkan jika budidaya kedua ikan ini dalam satu kolam yang sama bisa dipastikan ikan lele tidak bisa makan karena pelet selalu habis dimakan patin.

Nah dilihat dari sini saja, sebenarnya sudah mengertikan perbedaan budidaya ikan lele dan ikan patin. Agar lebih jelasnya, Anda bisa menyimak dengan baik.
Pembahasan Menarik Bagi Anda Yang Bingung Dalam Membudidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin

Perbedaan Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin

Sebenarnya dalam satu kolam terdapat dua ikan yang berbeda itu tidak ada masalah jika dijadikan hobi. Namun berbeda jika dijadikan usaha komersial.

Dalam hal ini Anda membudidayakan ikan lele dan ikan patin dalam satu wadah yang sama.

Hal ini karena terdapat perbedaan dalam membudidayakan ikan lele dan ikan patin. Berikut perbedaan yang sangat mendasar.

1. Ukuran Kolam

Perbedaan pertama yaitu ukuran kolam. Lah kok bisa? Jelas berbeda, karena ikan patin jika sudah berumur dewasa tubuhnya biasanya lebih besar ketimbang ikan lele.
Hal ini juga harus Anda perhatikan dengan ukuran kolam pada saat membudidaya ikan. 

Jadi ketika Anda ingin membudidayakan ikan patin alangkah baiknya jika ukuran kolam lebih besar atau setidaknya dalam satu kolam kecil hanya berjumlah 50 ekor saja.

Karena kasihan juga ikannya jika kolamnya kecil tapi jumlah ikannya banyak. Kemungkinan juga ikan cepat mati akibat terlalu sempit ukuran kolam.

2. Jenis Pakan Berbeda

Budidaya ikan semakin hari semakin banyak yang meminati. Hal ini berbanding lurus dengan harga ikan dipasar.

Namun begitu masih banyak para pembudidaya ikan yang salah kaprah mengenai budidaya ikan patin dan lele. 

Perbedaan lainnya dalam budidaya ikan patin dan lele yaitu dalam segi jenis pakan. Kedua ikan ini memiliki ukuran dewasa yang berbeda sebab itu juga jenis pakan mereka berbeda.

Biasanya ikan lele akan diberi pakan sentrat 781-1 agar dapat memasok kebutuhan nutrisinya.

Sedangkan ikan patin diberi pakan berupa pelet buatan seperti comffed, charoen pokhpan dan sinta yang memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan pakan milik lele.

3. Waktu Panen Ikan

Perbedaan lain dari budidaya kedua ikan ini yaitu waktu panennya. Ini juga sudah sangat jelas sih. Bagaimana tidak, ikan patin lebih cepat besar karena memiliki pasokan makanan yang lebih ketimbang ikan lele.

Ikan lele yang dewasa itu membutuhkan waktu 3 bulan hingga siap panen. Sedangkan sepupunya yaitu ikan patin membutuhkan waktu hampir 6 bulan agar benar benar siap panen.

Namun begitu, budidaya ikan patin lebih diminati oleh para pembudidaya ikan. Hal ini karena perbandingan harganya juga cukup jauh dibandingkan ikan lele.

4. Karakteristik Ikan Patin Dan Ikan Lele

Sebagian orang pasti sudah mengerti karakteristik ikan lele. Ya, Si ikan lele ini lebih cenderung gesit dan lebih lincah dibandingkan sepupunya yaitu ikan patin.

Ikan lele juga lebih cepat marah bahkan lebih ganas daripada ikan patin. Berbeda jauh dengan ikan patin.
Ikan patin walaupun terlihat santai namu dia lebih cepat setres. Terlebih jika tubuhnya terluka, ia akan cenderung setres lalu berujung kematian.

Oleh sebab itu, ikan patin lebih sulit saat proses pemidahan benih. Karena mudah mati. Tapi jika proses pindah benih berhasil, sudah bisa dipastikan 6 bulan kedepan Anda bisa panen.

Dan itulah sedikit tips jika dalam memilih budidaya ikan. Sebaiknya jika Anda memiliki modal yang besar, Saya menyarankan untuk membudidayakan ikan patin saja karena harga pasarannya lebih tinggi ketimbang ikan lele.

Namun begitu, jika Anda masih pemula dalam masalah budidaya ikan sebaiknya budidaya ikan lele saja yang tidak terlalu rumit dalam perawatannya. Dan jika rugipun tidak terlalu besar.

Sekian pembahasan Saya mengenai 4 Perbedaan Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin.

Belum ada Komentar untuk "4 Perbedaan Budidaya Ikan Lele Dan Ikan Patin"

Posting Komentar