7 Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal Yang Baik Dan Benar

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang banyak sekali dijadikan sebagai ikan ternak untuk dikonsumsi. Namun taukah Anda cara budidaya ikan lele di terpal yang baik dan benar?

Cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula memang terbilang sangat sulit, terlebih anda masih belum memiliki pengalam dalam budidaya ikan lele bioflok.

Mungkin ada akan mengeluarkan biaya ternak lele kolam terpal lebih mahal, karena Anda belum memiliki skill serta pengalaman cukup dalam Budidaya Lele Kolam Terpal Kotak.

cara ternak lele yang baik dan benar sebenarnya sangat mudah, Anda tidak perlu repot membuat kolam yang besar.

Karena cara ternak lele cepat panen pun bisa dilakukan pada kolam terpan dengan ukuran sedang. Untuk Anda yang masih pemula ukuran kolam terpal lele 1000 ekor cukup dengan ukuran yang sedang.

Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya pembuatan kolem terpal dan ini juga dapat dijadikan pembelajaran bagi Anda dalam ternak lele kolam terpal pemula.

Bagi Anda yang masih benar benar pemula dalam budidaya ikan lele, Anda bisa menghemat biaya dalam membuat kolam lele yaitu dengan cara buat kolam lele sederhana.
Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele Bagi Para Petani Pemula

Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal Yang Baik Dan Benar

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membudidaya ikan lele. Namun yang paling digemari oleh para petani lele yaitu dengan cara buat kolam lele sederhana.

Nah kolam lele sederhana ini bertujuan untuk memangkas biaya dalam pembuatan kolam. Bahkan para petani lele pun sudah bisa mengatur pakan lele 45 hari panen serta memberi pupuk kandang untuk lele.

Itu semua bertujuan agar ikan lele bisa sehat dan memiliki daging yang besar namun minim biaya perawatannya.

biasanya pakan ikan lele umur 15 hari hingga cara memberi pakan lele umur 1 bulan memberikan pakan lele yg paling bagus.

Ini bertujuan agar bibit ikan lele tumbuh dengan sempurna. Namun jika ikan lele sudah beranjak dewasa, Anda bisa memberi pada lumut atau cacing sebagai makanan sampingan.

Dalam hal ini Anda pun wajib memberi pelet dengan kandungan nutrisi yang tinggi.

1. Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Cara budidaya lele pemula yang harus jadi perhatian yaitu pada anggaran biaya ternak lele. Mengapa? Ini karena untuk meminimalis kerugian saat Anda berternak lele.

Dan para petani lele yang sudah berpengalaman menyarankan agar Anda yang masih pemula untuk menggunakan kolam terpal yang tergolong murah jika untuk membudidaya.

Biaya ternak lele kolam terpal tergolong murah dibandingkan dengan kolam batu bata atau kolam tanah.

Bahkan dengan kolam terpal, Anda bisa menghemat bahan serta kolam terpal bisa dibentunk sesuai keinginan Anda sendiri.
Tidak sedikit pula petani lele yang sudah mahir bahkan bisa menghasilkan puluhan juta masih setia dengan kolam terpal sebagai wadah budidaya ikan lele.

Jadi jangan malu untuk berternak lele dikolam terpal. Yang terpenting Anda rajin memberi faksin pada kolam agar ikan lele bisa tumbuh dengan sehat tanpa ada penyakit.

2. Cara Merawat Ikan Lele Di Kolam

Sebenarnya cara ternak lele yang baik dan benar itu tergantung Anda apakah pandai dalam merawat lele atau justru membiarkan lele terserang penyakit.

Jadi selain kolam terpal harus terawat, hal yang tidak boleh Anda lupakan yaitu ikan lele yang ada dikolam pun harus dirawat agar tumbuh dengan sehat.

Cara merawat inkan lele di kolam cukup mudah kok, usahakan setiap dua minggu sekali kolam harus dibersihkan atau diberi faksin agar penyakit tidak menular pada ikan lele yang lain.

Anda pun harus melihat perkembangan ikan lele dengan cara mengambil satu ikan lele lalu timbah bobotnya dan cek kondisinya apakah tumbuh dengan baik atau ada Faktor Penghambat Budidaya Ikan Lele.

Nah dengan begitu Anda bisa membuat cara sukses ternak ikan lele sendiri. Jika Anda sudah melakukan tahapan ini, itu sudah sangat bagus terlebih Anda masih pemula.

Ini menjadi hal yang paling rawan. Karena jika ada satu yang terkena penyakit dalam satu kolam terpal yang sama bisa saja ikan yang lain ikut tertular.

Namun dengan memberi faksin pada kolam dan mengecek serta merawat kesehatan ikan lele itu akan menghambat penularan penyakit pada ikan yang lainnya.

3. Rahasia Agar Lele Cepat Panen

Dalam membudidayakan ikan lele, Anda pun harus meiliki asumsi bagaiman agar lele cepat besar dikolam terpal?

Ini tidak lepas dari bagaimana Anda bisa merauk keuntungan ternak lele 1000 ekor. Hal ini wajib diperhatikan oleh Anda terlebih bagi yang belum terbiasa berbisnis ikan.

Tapi tenang, masih banyak cara yang bisa Anda pakai dalam budidaya ika lele diterpal. Anda bisa menggunakan pakan dengan sentrat yang tinggi juga termasuk rahasia agar lele cepat panen.

Namun begitu, biaya pakan lele pun akan semakin membengkak. Pakan sentrat 781-1 sangat cocok sebagai pelet ikan lele untuk mempercepat panen.

Nah Anda bisa memberi makan sentrat ini minimal satu kali sehari lalu beri pakan pelet biasa atau pakan buatan sendiri.

4. Terpal Yang Baik Untuk Kolam Lele

Jika Anda ingin membudidayakan ikan lele dengan menggunakan kolam terpal, Anda wajib menggunakan terpal dengan ukuran yang tebal.

Ini agar kolam terpal tidak mudah rusak atau jebol ketika ikan lele sudah berumur dewasa. Anda tau sediri kan kalau ikan lele dewasa lebih agresif.

Sedangkan untuk kedalaman kolam lele terpal bisa disesuaikan dengan ukuran ikannya. Maksudnya jika ikan lele masih berumur 15 hari kedalaman kolam tidak boleh lebih dari 15 cm.

Ini bertujuan agar benih bisa keluar dari kedalaman kolam untuk mengambil nafas. Sedangkan untuk ukuran ikan lele dewasa kedalaman kolam bisa disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri.

Anda bisa menggunaka ukuran terpal untuk kolam ukuran 2x3 namun ingat ketebalan terpal pun harus yang paling bagus.

5. Persiapan Wadah Kolam Terpal

Nah biasanya dalam pembenihan, terdapat persiapan wadah kolam terpal. Seperti mendiamkan air dalam terpal selama 15 hari.

Kemudian meletakkan pembibitan ikan lele di kolam terpal. Ini bertujuan agar air dalam wadah bisa menjadi tempat budidaya ikan lele dengan benar.

Namun dalam prakteknya, banyak petani pemula malah terlalu terburu buru dalam pembibitan ikan lele atau pelepasan bibit lele pada kolam terpal.

Ini mengakibatkan banyak benih lele yang mati sia sia karena air kolam masih baru dan belum menyatu dengan keadaan suhu sekitar.

6. Cara Membuat Kolam Terpal

Salah satu hal yang wajib Anda buat dalam membudidayaan ikan yaitu membuat kolam. Jika Anda ingin menggunakan kolam terpal saat bertani lele, Anda pun harus bisa membuat kolam terpal.

Cara membuat kolam terpal terbialng sangatlah mudah, Anda hanya membutuhkan terpal yang dapat menampug ukuran kolam terpal lele 1000 ekor.

Dan bisanya terpal pun diberi lapisan plastik agar air tidak mudah bocor atau merembes.

Jadi lapisan pertama dan ke dua guakan terpal lalu pada lapisan ketiga Anda wajib menggunakan plastik dengan ukuran yang tebal juga.

Karena untuk menghindari kebocoran jika tidak sengaja dirusak ikan.

7. Pembibitan Ikan Lele Di Kolam Terpal

Dan langkah terakhri dalam cara budidaya ikan lele di terpal yang baik dan benar yaitu pembibitan ikan lele.

Langkah ini juga sekaligus menjadi langkah yang sangat rawan. Karena jika Anda salath dalam memilih bibit maka sudah dipastikan Anda tidak akan mendapatkan keuntunga.

Pembibitan ikan lele dikolam terpal pun harus seusai dengan prosedurnya seperti kolam terpal yang sudah diisi air dibiarkan selama 15 hari agar Ph air bisa seimbang.

Sedangkan untuk ukuran bibit lele untuk pemula, Anda bisa memilih bibit yang sehat dengan pergerakan yang lincah, warna tubuh cerah.

Nah dengan memilih bibit lele dumbo Anda bisa memanennya lebih cepat dibandingkan dengan ikan lele jenis lainnya.

Namun itu juga tergantung pada ketelitian Anda dalam memilih benih bibit unggul.

Jadi begitu teknik budidaya ikan lele yang benar. Anda bisa mengikuti tips diatas agar ikan lele cepat panen dan jangan lupa memilih benih ikan lele yang paling baik.

Sekian pembahasan Saya mengenai 7 cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal yag baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Budidaya Ikan Lele Di Terpal Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar